-->

Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Pada 11 januari 2020

Pada tanggal 11 Januari 2020 yaitu pada hari Sabtu, Indonesia Akan ada Kemunculan Gerhana bulan penumbra yang akan terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, Yaitu Pada Tanggal 11 Januari 2020 dini hari. Bmkg atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Mengatakan bahwa akan ada tiga fase pada saat kejadian tersebut.


Yaitu, Yang pertama adalah pada saat gerhana akan terjadi yaitu mulai pukul 00.05 WIB. Kemudian puncak tertutup total nya gerhana bulan akan terjadi Pada pukul 02.10 Wib (Waktu Indonesia Bagian Barat). Lalu Gerhana akan berakhir pada pukul 04.14 Wib.

Total durasi pada gerhana bulan tersebut sekitar 4 jam 9 menit. Gerhana bulan ini merupakan suatu peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua nya sampai ke bulan. Peristiwa ini hanya terjadi saat fase purnama dan dapat di prediksi sebelumnya.

Seluruh proses gerhana bulan ini dapat dilihat di asia, eropa, sebagian besar afrika bagian timur, sebagian kecil australia bagian barat, dan samudera hindia. Kemudian proses gerhana saat bulan terbit dapat di amati di Afrika bagian barat, Samudera atlantik, Sebagian kecil amerika bagian timur laut, dan sebagian kecil amerika selata bagian timur.

Sedangkan proses gerhana pada saat bulan terbenam yaitu dapat diamati di amerika utara bagian barat laut, samudera pasifik bagian barat, dan sebagian besar australia bagian timur. Gerhana ini tidak dapat diamati oleh sebagian besar wilayah amerika dan samudera pasifik bagian timur.

Di tahun 2020 ini setidaknya bakalan terjadi enam kali gerhana, yaitu dua kali gerhana matahari dan empat kali gerhana bulan. Yang pertama adalah gerhana bulan pnumbra yang akan terjadi pada hari sabtu, tanggal 11 Januari 2020. Selanjutnya gerhana bulan akan kembali muncul pada tanggal 6 juni 2020. Kemudian gerhana matahari juga akan muncul yaitu pada tanggal 21 juni 2020 yang dimana gerhana matahari tersebut merupakan gerhana matahari sebagian. Yang bisa dapat diamati dari Indonesia, kecuali sebagian besar pulau jawa dan sebagian kecil pulau sumatera bagian selatan.


Kemudian ada gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada tanggal 5 juni 2020 namun gerhana bulan tersebut tidak dapat diamati dari Indonesia.

Pada tanggal 20 november 2020 gerhana bulan akan kembali muncul lagi, gerhana tersebut dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian barat menjelang gerhana berakhir.
Dan yang terakhir adalah gerhana matahari total yang akan terjadi di tanggal 14 desember 2020 yang dimana gerhana tersebut tidak dapat diamati dari Indonesia.

Recommended Other Articles

Post a Comment